Banyuwangi Tourist Information Centre. Penyebab utama meningkatnya sektor pariwisata di Banyuwangi tidaklah lain karena pemimpinnya yang sangat mendukung perubahan dan berinovasi. Banyaknya event dan festival di Banyuwangi mendorong kota ini jadi incaran para wisatawan asing. Perbaikan jalan dan akses menuju tempat wisata juga sangat diperhatikan. Dampak bagi perekonomian masyarakatpun sangat terasa, khususnya yang bergerak di sektor pariwisata.

Sunrise of Java

Yang perlu Anda ketahui, Banyuwangi merupakan Kabupaten yang terletak paling ujung bagian Timur pulau Jawa. Sehingga kota ini mendapatkan julukan “The Sunrise of Java”, mengingat matahari terbit dari Timur. Sebenarnya destinasi wisata di Banyuwangi sudah terkenal sejak lama, namun akses jalan ke tempat wisata nya tergolong sulit. Destinasi utama yang sudah terkenal sejak lama bahkan sampai International adalah Kawah Ijen & G-Land.

Kawah Ijen 1998

Bahkan di tahun 1998, saya yang masih duduk di bangku SMU kelas 1 sudah pernah ke Kawah Ijen dengan akses jalan yang benar-benar sulit untuk dilalui. Pengalaman pribadi saya adalah berjalan kaki dari desa jambu menuju puncak kawah yang jaraknya sekitar 17KM dan menanjak. Saat itu Kawah Ijen sangat sepi pengunjung, menginap pun di pondok wisata tanpa penerangan. Anda masih bisa melihat pondok wisata di Paltuding hingga sekarang, namun dengan kondisi yang sudah kurang terawat. Sudah ada beberapa wisatawan asing mengunjungi Kawah Ijen, meski tidak sebanyak sekarang. Satu-satunya jasa angkutan dari Banyuwangi saat itu hanya truck belerang. Jadi harus menunggu jadwal truck naik atau turun jika ingin menggunakan jasa angkutan. Akses termudah menuju Kawah Ijen hanyalah melalui Kabupaten Bondowoso, tetapi harus melalui rute yang sangat jauh. Sampai tiba saatnya jalan yang terjal di turunkan menjadi lebih landai dan mudah dilalui seperti sekarang.

G-Land, surganya peselancar

Banyak perubahan terjadi, Banyuwangi menjadi salah satu destinasi favourite di Indonesia bahkan bagi wisatawan asing. Sejak akses jalan menuju destinasi wisata dibenahi, sektor pariwisata di Banyuwangi meningkat ribuan persen. Kawah Ijen hanyalah satu dari sekian banyak destinasi wisata alam yang terkenal di Banyuwangi hingga international karena memancarkan api birunya. Pernahkan Anda mendengar tentang G-Land? G-Land, adalah destinasi wisata bagi peselancar professional. Ombak di G-Land mencapai ketinggian 3-8 meter, ini yang tertinggi setelah Hawaii. Bahkan saat masyarakat Banyuwangi tidak mengenal G-Land, Atlet surfing dunia sudah berlomba di sana. Akses jalan darat yang susah dilalui adalah faktor utama mengapa G-Land kurang terkenal. Anda harus melewati hutan Taman Nasional Alas Purwo untuk menuju G-Land. Namun semua akan terbayar saat Anda tiba di lokasi.

Destinasi Wisata di Banyuwangi

Adapun beberapa destinasi lain di sekitar Banyuwangi yang perlu diketahui di antaranya: Teluk Ijo (Green Bay), pantai Pulau Merah (Red Island), pantai Wedi Ireng, pantai penyu Sukamade, pantai penyu Ngagelan, padang savana Sadengan, padang savana Bekol, pantai Bama, area konservasi Mangrove Bedul, Bangsring Underwater, dan Grand Watu Dodol (GWD) yang juga menjadi akses perjalan menuju pulau Menjangan (Bali) dan pulau Tabuhan.

Untuk mengetaui lebih detil tentang Banyuwangi, silahkan Download Brosur di bawah.

DESTINATIONS BANYUWANGI
TOURIST MAP BANYUWANGI

Banyuwangi Tourist Information Centre

Banyuwangi Tourist Information Centre

Booking.com